Home » , » Kemenag Buka Pendaftaran Beasiswa Khusus Santri Berprestasi Tambah Akses Masuk PTN 2018

Kemenag Buka Pendaftaran Beasiswa Khusus Santri Berprestasi Tambah Akses Masuk PTN 2018



Kementerian Agama (Kemenag) membuka program beasiswa santri berprestasi (PBSB) untuk memperluas akses bagi para santri terhadap perguruan tinggi negeri. Pada tahun ini, Kemenag menyediakan kuota sebanyak 290 kursi untuk ditempatkan di 14 perguruan tinggi mitra. Antara lain, UIN Syarif Hidayatullah, UIN Sunan Gunung Djati, Institut Pertanian Bogor dan Universitas Pendidikan Indonesia.
Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag Kamaruddin Amin menuturkan, pendaftaran akan dibuka selama sebulan sejak 15 April 2018. Menurut dia, PBSB merupakan beasiswa berkelanjutan yang dibuka sejak 2005 dan sudah membantu sebanyak 4.276 santri. Para penerima beasiswa tersebut bisa memilih program studi ilmu kedokteran, kesehatan, teknik industri dan jurusan lainnya yang tersedia di semua perguruan tinggi mitra Kemenag.
“Ada teknik sipil, teknik mesin, teknologi informasi, teknik perkapalan, pertanian, agribisnis, ilmu agama Islam, seni dan desain, hingga bahasa dan ilmu pengetahuan budaya. PBSB menjadi bentuk kehadiran negara dalam mengapresiasi kontribusi pesantren dalam mengisi kemerdekaan. Apalagi, pesantren sudah menjadi sumber mata air keilmuan sejak abad 14, sebelum Belanda menjajah,” ujar Kamaruddin di Jakarta, Kamis (15/3/2018).
Ia menuturkan, sebanyak 3.428 santri sudah lulusan sarjana dan berhidmat pada beragam profesi, sedang 848 santri lainnya masih menjalani kuliah. Amin mengklaim, prestasi penerima beasiswa juga sangat gemilang saat menjalani proses perkuliahan.
“Sebagian sudah menjadi profesional pada bidangnya masing-masing. Mulai dari dokter hingga teknokrat. Mereka diharapkan menjadi ilmuwan-santri moderat yang kelak akan menempati posisi-posisi penting di negeri ini. PBSB juga sejalan dengan upaya menjadikan Indonesia sebagai destinasi pendidikan Islam dunia,” katanya.

PSPB dibuka hingga April

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Ahmad Zayadi menambahkan, masa pendaftaran calon peserta PBSB tahun ini dibuka hingga 15 April 2018. Tujuh PTM lainnya yang berasal dari perguruan tinggi umum, yaitu Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Gajah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Cendrawasih, dan Universitas Al Azhar Indonesia.
“Selain mendapat biaya perkuliahan, para santri yang lolos seleksi PBSB ini nantinya akan mendapat insentif bulanan serta dana pembinaan. Beda dengan tahun lalu, beasiswa PBSB tahun ini hanya akan diberikan khusus kepada madrasah aliyah swasta yang berada di pesantren. “Dua tahun lalu, akses terhadap program ini juga diberikan kepada santri pondok pesantren yang belajar di MAN,” ucap Ahmad.
Ia menjelaskan, seleksi PBSB menggunakan Computer Based Test (CBT). Jadwal serta lokasi pelaksanaan ditentukan oleh Kanwil Kemenag Provinsi,kecuali untuk pilihan prodi di Unair Surabaya. “Semua persyaratan khusus tambahan ini merupakan ketetapan Perguruan Tinggi. Sebelum mendaftar, kami minta para santri memahami petunjuk teknis pelaksanaan PBSB pada situs resmi Kemenag, Ditpdpontren, dan PBSB,” ucapnya.
Berikut jadwal tahapan seleksi PBSB tahun 2018. Masa pendaftaran (15 Maret-15 April 2018), verifikasi data (16-30 April 2018), pengumuman tempat seleksi (2 Mei 2018), pelaksanaan seleksi (14-18 Mei 2018), penentuan kelulusan (1 Juni 2018) dan pengumuman kelulusan (4 Juni 2018).

pendaftaran beasiswa depag,beasiswa depag s1,beasiswa santri ke luar negeri,beasiswa tahfidz 2016 kemena,beasiswa tahfidz kemenag 2017,beasiswa pesantren,jumlah pendaftar pbsb 2017,www ditpdpontren kemenag go id,kuota pbsb 2017,pbsb 2017-201,informasi pbsb 2017,jurusan pbsb 2017,daftar santri yang lolos pbsb 2017,pendaftaran pbsb 2018,pengumuman kelulusan pbsb 2017,login pbsb 2017

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.